Senin, 26 Desember 2011

Pellet Ternak Buatan Sendiri Juga Bagus


Pellet Buatan Sendiri


Pengujian pellet pakan ternak buatan sendiri ini di lakukan dengan cara membersarkan ikan kedalam dua kolam. 20.000 ekor nila dengan panjang rata-rata 35 mm. Setiap kolam di isi masing-masing 10.000 ekor nila kecil berumur sekitar 2 bulan.
Sebut saja kolam A dan kolam B. Dan pakan yang dipakai dan buat adalah pellet TENGELAM.

Kolam A kami memberi pakan ikan Pabrikan.
Kolam B kami beri pakan buatan sendiri.

Setelah tiga bulan pengujian berat ikan masing-masing kolam didapati hal yang tidak mengejutkan. Kenyataannya kolam B yaitu ikan dengan makanan buatan sendiri  tidak melampaui berat ikan di kolam A (pakan pabrikan). Melainkan kurang lebih sama berat.

Keuntungan dari pakan buatan sendiri dilihat dari biaya produksi memang menguntungkan. Bukankah itu tujuan dari membuat pakan ikan sendiri. Akan tetapi biaya juga bergantung pada kwalitas protein pakan, pada percobaan kami di atas nilai protein 30 %. Jika nilai protein di tingkatkan maka biaya produksi juga akan meningkat. pelajari simulasi membuat pakan. Agar mudahnya begini: 

semakin tinggi protein, semakin tinggi biaya produksi.

Menurut kami pakan buatan sendiri dan buatan pabrik kurang lebih sama berkwalitas. Tergantung pada kesegaran dan mutu bahan (tidak busuk atau rusak). Bahkan anda dapat mengunakan pakan tanpa di keringkan jika anda berproduksi pakan tiga hari sekali, hal itu lebih baik untuk ikan (lebih fresh).

Akan sedikit membutuhkan waktu belajar dan tenaga dalam membuat pakan. Tapi, demi menjaga ketersediaan pakan ikan, memproduksi sendiri alternatif paling bijaksana. Tapi tidak untuk produksi ikan 30 ribu ton ikan sebulan dengan melakukan pembuatan pakan bersama-sama.
Yang pasti anda terhindar dari ketidak tersedianya pakan secara tiba-tiba di pasaran dan harga yang tiba-tiba melonjak. Hal ini sangat merugikan para peternak ikan. Ikan memang akan tetap hidup di dalam air, tetapi beberapa hari saja ikan tidak di berikan pakan ikan, anda akan rugi waktu membesarnya (ada istilah ikan mengeras atau tidak membesar) karena kekosongan yang terjadi. Ini adalah salah satu rahasia membudidaya ikan. Hindarkan tidak memberi pakan meskipun hanya sehari saja atau anda akan mengalami kerugian yang fatal. Tentu saja anda ingin tekun dalam usaha ini dan berhasil. Jadi lakukan dengan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar